MENGOBATI KUTIL KELAMIN

MENGOBATI KUTIL KELAMIN __ Frekuensi terjadinya penyakit ini pada pria dan wanita adalah seimbang. Karena penyakit ini menular diakibatkan hubungan seksual yang berhubungan dengan organ vital seperti penis, vagina dan anus. Yang menjadi penyebab utamanya adalah human papilloma virus (HPV). Bentuk dar kutil ini tampak seperti abu-abu atau daging lepuhan yang memiliki akar, adapun kedalaman akarnya ini tergantung pada berapa lama infeksi ini sudah terjadi. Oleh karena itu setelah penderita tahu mengidap penyakit ini maka harus segera melalukan pemeriksaan.

Tapi yang sering menjadi kesukaran dalam mengobati penyakit ini adalah masalah kebiasaan hidup penderita yang berhubungan dengan aktifitas seksual dan kebersihan, yang tidak mengindahkan faktor kesehatan. Selain itu hal paling sederhana yang kerap juga tidak diperhatikan oleh penderita sehingga menjadi sebab timbulnya penyakit ini adalah :
  1. Tidak ada kondom yang digunakan pada saat melakukan hubungan seksual.
  2. Hubungan seksual dilakukan dengan pasangan yang belum mengenal secara akrab, sehingga infeksi kemudian dipindahkan karena tidak tahu menahu sama sekali bahwa pasangan tersebut mengidap penyakit ini. 
  3. Pasangan berbohong mengenai riwayat penyakitnya atau menutup-nutupi tentang penyakit yang sedang dialami.
  4. Pasangan yang suka berselingkuh.
Tidak seperti penyakit menular seksual lainya, khusus untuk penyakit ini agak sulit untuk dilacak karena pada beberapa penderita justru sulit ditemukanya gejala. Hal ini juga yang menjadi alasan mungkin saja penderita juga tidak menyadari akan virus yang ditularkan kepada pasanganya.
Tapi pada dasarnya apapun jenis pengobatan yang dipilih, semua itu memiliki tujuan yang sama, yakni :
  1. Untuk membersihkan daerah kulit tempat bertumbuhnya kutil kelamin.
  2. Untuk memastikan kutil tersebut tidak memiliki 'akar' yang ditinggalkan
  3. Untuk mengusahakan supaya penyakit ini tidak muncul kembali
Tapi untuk menyembuhkan penyakit kutil kelamin adalah proses jangka panjang, mungkin memakan waktu hingga beberapa bulan untuk menyingkirkan dan memastikan bahwa tidak ada kekambuhan, tapi hal itu rasanya kurang efektif jika tanpa disertai dengan perubahan gaya hidup penderita kearah yang lebih sehat.

Dan jika penyakit ini memang sudah termasuk parah, maka metode pengobatan yang lebih ampuh namun juga lebih ekstrem yang harus dilakukan, diantaranya adalah :
  1. Cryotherapy, adalah salah satu langkah pengobatan untuk kutil kelamin dengan cara membekukan kutil dengan nitrogen cair. 
  2. Laser juga digunakan dalam pengobatan kutil kelamin, yang tergantung pada lokasi dan luas kutil, biasanya dokter akan menggunakan bius lokal atau umum sebagai salah satu prosedur sebelum dilakukanya pengobatan Laser yang akan membakar kutil. Efek samping dari metode ini adalah bekas luka yang memerlukan waktu lebih lama untuk pemulihan. Dan selanjutnya diteruskan dengan operasi. 
  3. Electrodessication adalah salah satu pengobatan untuk penyakit kutil dengan anestesi lokal, ini adalah proses proses pengangkatan langsung yang tidak memerlukan operasi.
  4. Pengobatan menggunakan obat Krim, ini dapat diterapkan pada proses pengobatan yang memerlukan resep dan setelah melakukan konsultasi dengan dokter. Namun untuk mengobati dengan krim ini tergantung pada beratnya infeksi, beberapa obat krim biasanya hanya bisa digunakan sesuai dengan petunjuk dokter karena kandungan yang ada di dalamnya sangat kuat dan jika terjadi kesalahan dalam menggunakan maka bisa mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada alat kelamin.
  5. Oba-obatan ringan yang dapat digunakan penderita di rumah meskipun tetap ada peringatan akan efek samping yang bisa terjadi. Salah satu jenis dari obat ini podofiloks, yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi menyembuhkan kutil kelamin dan pencegahan. Selain itu, masih ada obat lainya seperti Efudex, yang merupakan krim untuk penggunaan jangka panjang tapi sayangnya lebih banyak memiliki efek samping dan rasa terbakar pada saat digunakan. Dan yang paling terbaru adalah krim Imiquimod atau Aldara. 
Tapi berbicara mengenai pengobatan penyakit ini tetap tidak boleh melupakan keyakinan penting lainya bahwa mencegah adalah tindakan yang lebih baik, dan perubahan gaya hidup yang akan membantu seseorang terhindar dari penyakit ini.


MENGOBATI KUTIL KELAMIN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGOBATI KUTIL KELAMIN"

Posting Komentar